Ingin Terkenal [Curhatan Malam Minggu]

I think this is stupid or so childish.... But I really wanna be famous.


Dulu waktu aku kecil aku pernah punya impian ketika aku mengetik namaku di google maka orang akan melihat foto-fotoku, karya-karyaku dan segala tulisan tentangku. Sebegitu inginnya aku ingin terkenal. Sudah dari dulu banget aku mengagumi orang-orang yang ada di TV. Aku merasa, sehebat apapun pekerjaan orang, selama mereka belum bisa tampil menarik di TV maka mereka belum benar-benar sukses. Tidak banyak pejabat, dokter, tokoh-tokoh terkenal yang dipanggil di TV karena kehebatan mereka, tetapi mereka tampil dengan sangat tidak menarik. Tidak menghibur dan membosankan. Waktu kecil dulu aku menganggap mereka gagal, dan lebih gagal lagi kalau seorang profesial yang tidak ada panggilan untuk tampil di TV.

For your info, aku adalah tipe orang yang pemalu, pendiam, sulit bergaul, social awkward dan apapun itu. You named it. Namun ketika harus tampil di depan umum aku selalu bersemangat sekali! Entah itu tampil di panggung sebagai MC, atau sekedar menerima doorprize. Ketika di atas panggung aku akan berusaha tampil dengan bangganya. Aku menikmati banget berdiri di depan banyak orang.

This is weird....

Aku juga suka banget memegang mikrofon. Ada kebahagiaan tersendiri ketika aku memegang mic. Rasanya kayak aku mempunyai segalanya di dunia ini. Saat itu rasanya semua orang sedang melihatku denga bersemangat. Meskipun.... Saat aku memegang mic tersebut aku tidak sedang dalam acara apapun. Aku hanya MEMEGANG mikrofon.
Ini agak rahasia sih... 

Ketika aku mendengarkan lagu di kamar sendirian menggunakan earphone, aku menutup mataku dan membayangkan aku seolah berada di atas panggung. Aku menyanyi sebaik mungkin dan mengelilingi kamar sambil membayangkan aku melakukan koreografi dan blocking panggung. Ya, bodoh sekali. Tapi aku tahu aku tidak sendiri. AKUILAH KAMU JUGA MELAKUKANNYA!!!!

Hebatnya, satu per satu hal yang aku inginkan terwujud. Aku pernah nge-MC 3x, acaranya kecil-kecil sih, tapi menyenagkan banget! Aku juga akhirnya pernah tampil stand up comedy, lomba sih lebih tepatnya, dan aku tampil di depan beberapa mahasiswa unair. Selain itu aku juga beberapa kali dapat kesempatan membaca puisi ataupun pidato, mulai dari baca di depan kelas sampai ikut lomba yang dilihatin orang banyak. Semua pengalaman tersebut seru dan menyenangkan! Aku sendiri tidak menyangka hal-hal tersebut benar-benar bisa terjadi dalam hidupku.

Pada dasarnya aku suka menampilkan sesuatu. Aku suka berdiri di depan dan memperlihatkan apa yang bisa kulakukan. Aku suka sekali tugas presentasi saat sekolah dulu. Apapun mata pelajarannya, aku selalu bersemangat untuk menampilkan presentasi yang telah aku atau kelompokku buat. So childish, isn't it? :3
Aku mengenal teater pertama kali saat SMA dan aku benar-benar TERCENGANG dengan seni! Aku suka sekali bahwa kita bisa bebas membawakan apapun yang kita inginkan di atas panggung atas nama seni. Aku suka banget seni kontemporer yang bebas dan berani mengeksplor apapun dari segi seni. Meskipun begitu aku juga tertarik dengan seni-seni lama yang punya banyak aturan karena untuk mempelajarinya butuh keberanian tersendiri.

Pada tahun ketiga kuliah (ini telat banget sebenarnya), aku bertemu dengan dunia film. Tidak tanggung-tanggung, kurang dari setahun aku mendapatkan kesempatan untuk menyutradarai dua film pendek. Seru banget! Aku menikmati banget, meskipun aku kurang puas dengan kerjaku. Ada banyak hal yang mengganggu saat proses pembuatan film, tetapi yang paling mengganggu adalah kuliah. Stres dan tekanan kuliah (kedokteran) benar-benar mengganggu otakku untuk bebas berpikir dan berkreasi. Untungnya filmnya jadi. Kedua film yang ada pun mendapat sambutan baik. Salah satunya mengantarkanku sampai mendapatkan penghargaan 'sutradara terbaik'. 

Well, that isn't a small achievement :))
Sampai detik ini masih ingin jadi orang terkenal. Aku tahu ini bodoh. Aku tahu ini bukan cita-cita yang baik, tetapi kalau kamu tanya apa yang benar-benar aku impikan dalam hidup ini, itulah yang aku inginkan. 

Semakin dewasa aku sadar bahwa ketenaran itu bukanlah penghargaan tertinggi terhadap seseroang. Keterkenalan bukan sesuatu untuk diraih. 'Terkenal' itu bukan cita-cita. Not even a good thing. Menjadi selebriti, kata banyak orang, itu melelahkan dan punya banyak hal yang tidak mengenakkan. Semakin dewasa aku pun semakin sadar betapa besar dunia ini. Aku sadar aku adalah satu dari banyak manusia dalam hidup ini. Semakin ke sini aku semakin mempertanyakan impian konyolku ini.

Menurut kalian apakah aku bsia terkenal suatu hari nanti? Mungkinkah aku terkenal? Jawabannya bisa. Tapi.... 

Akankah? 
Hanya waktu yang bisa menjawab :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makna Dibalik Kata-Kata yang Disensor Saat Marah (18+)